Senin, 07 Maret 2011

SE X10 Mini Keyboard Make Me Think Hard


what do you think about the picture beside?
bagaimana jika berkirim pesan (sms) dengan cara di atas?
pertama kali menggunakan smartphone android adalah ketika menggunakan x10 mini android 1.6. sebelumnya sudah pernah menggunakan handphone touchscreen nokia C6. kesan ketika pertama kali menggunakan x10 mini adalah sangat aneh. aneh di sini maksudnya adalah butuh adaptasi karena berbeda dengan tipe handphone yang pernah saya pakai sebelumnya. sempat membuat berpikir, namun secara keseluruhan, sangat baik. membutuhkan pembelajaran untuk menggunakan android.

pengalaman yang paling tidak menyenangkan dengan x10 mini adalah dengan keyboard virtual yang dari x10 mini adalah chinese handwriting method seperti gambar di atas. subhanallah, susah banget kalau mau sms. adik saya (yang punya) sampai tidak membalas sms temannya karena susah menggunakannya. diutak atik ternyata tetap saja masih seperti itu. beberapa jam akhirnya ketemu jalan buntu dengan mencoba-coba. tetap masih sulit untuk sms.

sebenarnya hal yang paling menyulitkan adalah ketika ingin membuat spasi. gambar di atas membuat kita harus mencari dulu spasi nya. ketika mencoba ganti jadi format chinese pin yin. ada spasi langsung tapi tidak bisa mengetik satu satu harus berdasarkan kamus dan yang ada juga bahasa china.

setelah menemui jalan buntu akhirnya kami putuskan untuk browsing mengenai masalah ini. ternyata bukan kami saja yang terkena maslah ini. ada juga orang orang yang senasib. akhirnya kami menemukan jalan keluarnya yang tidak kami temukan sendiri di manual ataupun pengaturan biasa. namun hal itu adalah di anroid versi 1.6. saat ini saya mencoba lagi di android 2.1 (sudah diupgrade handphonenya) ternyata hal tersebut sudah diperbaiki. dapat dengan mudah mengubah jadi input letter english dengan mudah. cukup hapus tanda ceklist chinese keyboard handwriting di pengaturan metode input.

berikut adalah penampakan menu lainnya sebelum diubah menjadi metode input english yaitu dengan metode chinese handwriting.

adapun setelah diubah menjadi metode input english seperti berikut

adapun untuk android 2.1 perbedaannya adalah tidak ditekan melainkan didrag atau digeser. sayang gambarnya tidak berhasil saya temukan. sekian pengalaman saya dengan Sony Ericsson X10 mini. semoga bermanfaat.



7 komentar:

  1. nice Info gan, tapi ane belum pake android gan,,jadi belum bisa di praktekin gan hi hi,,,
    tapi mungkin bisa di tambah untuk fitur2 yang lain gan,,biasanya masalah pada sistem baru itu hampir di semua fungsi, so di tunggu pengalaman yang lain :))

    http://melliferai.wordpress.com/category/interaksi-manusia-komputer/

    BalasHapus
  2. sama gan, ane juga belom pernah pake android.
    mungkin masukan aja, lain kali kalau mau beli hp perhatikan dulu interface/tampilannya, bukan tampilan dari luarnya, tapi tampilan dari cara pengguanaannya juga.
    jangan ngikut-ngikut aza gan.. hehe

    BalasHapus
  3. btw berapaan ya gan?
    haha

    android sbg SO baru klo ga salah, mungkin masih banyak yg harus dikembangkan lagi, tunggu saja beberapa bulan atau tahun ke depan, mungkin versi berikutnya bakal the bestlah gan.

    BalasHapus
  4. @kak asep: android mantap. Terkadang review n kenyataan sedikit berbeda. Yang jualnya aja bingung (okeshop). Waktu coba sms lama bgt. Anyway, android is nice.

    @armen: wkt beli 2jt krg 10000. Mgkn udah turun lg. SE X10 cm bisa upgrade ke 2.1 gak kuat lg untk 2.2. Tapi yg skrg jg udah bagus.

    BalasHapus
  5. Wah untung anda browsing yah, kalo gak.. Gak bakal tahu kalo harus di upgrade dulu untuk mempermudah pemakaiannya.
    nice info :D

    BalasHapus
  6. wah mantap, like android very much ^_^
    tapi ternyata tidak gampang juga berpindah2 OS, harus adaptasi lagi..

    BalasHapus
  7. @arvianirizki : Upgrade bukan solusi yang dari hasil browsing. setelah upgrade terus dicoba lagi ternyata gampang ganti tipe keyboardnya
    @4youblog: iya ayu, memang gak gampang. pasti ada adaptasi gak bisa langsung lancar. tapi android termasuk OS yang bagus dan layak dibandingkan dengan iOS (apple).

    BalasHapus